Rumah Adat Si Waluh Jabu Dilahap Sijago Merah

ads

Tajuk Utama, Karo — Rumah adat Si waluh jabu yang merupakan bangunan tempo dulu, bagian dari sejarah adat budaya karo ludes dilahap Sijago merah, Sabtu (24/8/2019) sekira pukul 01.30 WIB.

Terletak di Desa suka maju kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo, api yang melahap rumah adat siwaluh jabu, adalah rumah huni tidak hanya satu orang kepala keluarga.

Ada delapan kepala keluarga yang menelan kerugian kehilangan harta benda mereka setelah si jago merah melahap rumah siwaluh jabu, dan tidak hanya itu saja, dua keluarga juga mengalami kerugian karena rumah mereka juga menjadi korban amukan si jago merah walau tidak habis terbakar.

ads

Api yang besar dipadamkan Dua mobil damkar dan medan yang sulit serta menjaga agar api tidak melebar karna rumah yang kebanyakan bangun tua dan terbuat dari papan,akhirnya dengan keluwesan Personil Pemadam Kebakaran Kabupaten Karo api berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB.

Belum diketahui sumber asal api namun hingga berita ini dinaikkan korban jiwa tidak ada. Jumlah kerugian yang ditaksir kurang lebih Rp. 315.000.000,-

Keluarga-keluarga  yang masih shock dengan kejadian dipagi – pagi buta ini,  masih enggan dikonfirmasi.

Ada pun nama-nama keluarga yang kehilangan tempat tinggal:

  1. Aman Ginting  (80) bertani
  2. Rine br karo (70) bertani
  3. Ngumput Sembiring (75) bertani
  4. Karton Ginting (40)  wiraswsta
  5. Karton Ginting (40) wiraswsta
  6. Iting kitik (+)
  7. Tomas Ginting (45) bertani
  8. Mambo Ginting (75) bertani

Dan dua keluarga yang juga mengalami kerugia:

  1. Lepan Ginting  (70) bertani.
  2. Darni br Ginting (65) bertani.

Masih terlihat asap-asap yang mengepul setelah dijinakan Damkar Karo, Hati-hati karena api kecil adalah teman namun api yang besar akan menjadi lawan,  dan jinak nya hanya ditangan Damkar. (Surbakti)

ads

Video

Comment