Akui Potensi Delta Lakkang, Murni Iqbal Katakan Ini

ads

Tajukutama, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal bersama rombongan berkunjung ke delta Lakkang, Jumat (23/08/2019).

Didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Andi Muhammad Yasir, Camat Tallo Zainal Takko, Lurah Lakkang, dan juga beberapa pengurus TP PKK kota Makassar, Murni berkeliling menyaksikan berbagai potensi yang dimiliki delta Lakkang.

“Kita berkunjung melihat sumber daya yang ada, dan alhamdulillah benar adanya potensi bambu di delta Lakkang luar biasa, sehingga pengembangan kerajinan bambu tentu dapat dilakukan,” ujarnya.

ads

Murni Iqbal, yang juga Ketua Dekranasda Kota Makassar menambahkan bahwa hal tersebut sejalan dengan tema Dekranasda yang diangkat di 2019 yakni terkait kerajinan bambu.

“Tentu bukan hanya sebatas hasil produksi yang akan kita sempuranakan, tetapi hingga pada proses pemasaran. Sehingga hasil produksi yang telah dihasilkan masyarakat Lakkang dapat sampai ke tangan konsumen, dan memberikan dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat,” lanjutnya.

Selain itu, letak geografis delta Lakkang yang cukup strategis, menjadikannya memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisata kota Makassar.

“Dari segi geografis, delta Lakkang memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisata, dan diharapkan mampu memberikan multi efek bagi masyarakat, khususnya dalam peningkatan kesejahteraan,” sambungnya.

Hal senada diungkapkan Camat Tallo, Zainal Takko, yang mengungkapkan adanya potensi delta Lakkang, baik dari segi potensi alam maupun letak geografis yang strategis.

“Dengan kehadiran ketua TP PKK yang juga ketua Dekranasda kota Makassar diharapkan mampu memotivasi masyarakat setempat, dengan diadakannya pembinaan terhadap UKM yang telah ada,” ujarnya.

Dengan adanya pembinaan dari TP PKK dan Dekranasda tentunya pengelolaan sumber daya alam yang dan juga sumber daya manusia dapat lebih maksimal.

Lurah Lakkang pun menambahkan selain adanya potensi sumber daya alam, dan sumber daya manusia yang memadai, delta Lakkang pun memiliki kuliner khas yang dikenal dengan nama Pallu Unti – Unti, yang dibuat dari ikan Bandeng yang dibungkus dengan daun Pisang Batu.

“Setiap tamu yang datang, kami suguhi makanan khas ini, dan berharap kuliner ini pun dapat menjadi salah satu daya tarik untuk berkunjung ke Lakkang,” tuturnya.

Harapan besar pun diungkapkan oleh Forum Pemuda Kreatif Bambu Bakau (FPKBB) terkait kehadiran Murni Djamaluddin Iqbal ke delta Lakkang.

“Berharap dengan kehadiran ibu bersama rombongan, dapat melihat secara langsung potensi yang ada, sehingga nantinya dapat memberikan bantuan yang bisa meningkatkan kualitas produksi kami, seperti masih perlunya rumah produksi, galeri, serta peralatan yang lebih memadai,” lanjutnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Andi Muhammad Yasir, pun menambahkan bahwa saat ini melalui Dinas Perdagangan telah melaksanakan pelatihan kerajinan bambu, sebagai salah satu program yang dicanangkan untuk peningkatan kualitas produk.

“Didukung oleh sumber daya alam, serta kemampuan dasar yang telah dimiliki masyarakat Lakkang dalam membuat kerajinan bambu, sehingga dengan pelatihan tambahan tentu mampu meningkatakan kualitas hasil,” lanjutnya.

Hal yang terpenting menurut Kadis A M Yasir yakni pada proses finishing, sehingga masyarakat sangat membutuhkan peralatan yang lebih spesifik.

“Dengan peralatan seadanya, menggunakan gergaji dan parang, mereka mampu menghasilkan karya yang terbilang bagus. Agar memenuhi standar pasar, perlu diberikan solusi berupa alat peralatan khusus,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan adanya peningkatan kualitas produk yang memenuhi standar pasar, kerajinan bambu pun mampu go internasional.

“Diakui, masyarakat kita masih memandang sebelah mata dengan hand made, namun berbeda dengan pasar luar, mereka sangat melirik hasil-hasil hand made.

Sehingga kehadiran ketua TP PKK yang juga letua Dekranasda diharapkan mampu menjadi solusi kedepannya dengan menggandeng CSR maupun pihak-pihak lain yang tidak mengikat,” tutupnya. (*)

ads

Video

Comment