Mengenal Profil Budiman Ginting, Iklas Dan Bersyukur

ads

Tajuk Utama, Karo –– Siapa yang tidak mengenal Budiman Ginting di lingkup Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sosok yang low profil dengan kemampuan dan kreativitas yang sangat mumpuni dalam pengelolaan pemerintahan bidang perekonomian dan pembangunan.

Lahir di Kabanjahe, 10 Oktober 1958 itu, Budiman Ginting dipercaya sebagai Asisten Sekretaris Daerah Babel Bidang Perekonomian dan Pembangunan saat ini hingga berakhir masa jabatannya pada akhir Oktober 2018.

Sebagai pamong sejati, Budiman Ginting telah banyak memberikan kontribusi berupa terobosan dan karya nyata yang telah ditorehkannya di bidang pengelolaan perekonomian dan pembangunan di Bangka Belitung.

ads

Lulusan IPB tahun 1982 ini, mulai meniti karir sebagai Staf Proyek Monitoring Evaluasi Transmigrasi , IBRD-II, SOSEK IPB- Bank Dunia di Bogor dan pada tahun yang sama sebagai staf Kantor Menteri Muda Urusan Koperasi di Jakarta 1983, dan dilanjutkan dengan staf Kantor Wilayah Departemen Koperasi Provinsi Sumatera Selatan tahun 1983 hingga 1985.

Selama menjalani tugas sebagai pegawai, totalitas mendedikasikan diri dalam bekerja dan melayani dengan penuh tanggungjawab. Tidak lama berselang, tahun 1985 diangkat sebagai Sekretaris Korpri Unit Kantor Wilayah Departemen Koperasi Provinsi Sumatera Selatan di Palembang  yang merupakan eselon V pada saat itu.

Setiap tugas yang digelutinya sepanjang pekerjaannya dilakukan secara profesional dan sesuai aturan yang berlaku, dengan sifatnya yang mudah beradaptasi terhadap lingkungan kerja. Namun tidak selalu pekerjaan yang dijalani berjalan mulus. Artinya banyak kendala dan rintangan yang dilalui. Namun dengan kerja iklas, tuntas dan berkualitas semua dapat dilalui dengan baik.

Tahun 1989 diangkat menjadi Kasi Penyuluhan Kanwil Departemen Koperasi Provinsi Sumatera Selatan dan selama menjalani tugas telah berganti jabatan selama 3 kali yang merupakan eselon IV di Kabupaten Bangka.

Pada tahun 1997 dipromosikan dan diangkat menjadi Kepala Kantor Departemen Koperasi dan PPK di Pangkalpinang, dengan dedikasi yang baik dan loyalitas yang tinggi, pada tahun 1998 diangkat sebagai Kepala Kantor Departemen Koperasi Bangka di Sungailiat yang mengurusi kegiatan di Pulau Bangka dengan cakupan yang lebih besar.

Memegang teguh prinsip totalitas dalam bekerja yang diberikan pada saat menjabat sebagai Kepala Kantor Koperasi Bangka, akhirnya Bupati Bangka yang pada saat itu adalah Eko Maulana Ali Suroso mengangkat Budiman Ginting sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka yang dilakoninya mulai tahun 2000 hingga 2008.

Selama  menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka  banyak perkembangan yang dilakukan sehingga pada tahun 2008 hingga 2014 diangkat lagi menjadi Kepala Dinas Koperasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lalu pada tahun 2014 dipercayakan menjabat Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sampai saat ini.

Dalam setiap perjalanan karir yang dijalani, Putera Karo kelahiran Kabanjahe, Budiman Ginting melaksanakan setiap tugasnya dengan penuh tanggungjawab, ikhlas dan bersyukur kepada Tuhan.

“Dengan bertanggung jawab, ikhlas dan bersyukur, segala pekerjaan yang di tugaskan akan memberikan keleluasan bagi diri sendiri dalam mengerjakannya,” ujarnya Rabu (21/8/2019) melalui pesan WhatsAppnya.

Terkait dengan pendidikan yang dilakukan, Budiman Ginting mengatakan, pendidikan dan pengalaman merupakan hal yang utama dalam memacu diri dalam menambah kapasitas dan kemampuan diri, sehingga melalui pendidikan dan pengalaman yang kita miliki, membuat diri mudah memecahkan permasalahan dan persoalan yang dihadapi.

Penulis Koperasi Terbaik Nasional III tahun 1984 ini juga telah meniti karir yang dilalui dengan penuh suka cita, dan bahagia didampingi oleh seorang istri yang bergelar dokter yaitu dr. Magdalena Tarigan dan dikaruniai dua orang anak terkasih. Selain pemikiran dan wawasannya yang luas, Budiman Ginting juga dikenal dekat dengan masyarakat Bangka Belitung.

Tanda jasa dan penghargaan yang diterima, diantaranya Tanda Kehormatan Satyalencana Kehormatan Karya Satya XX Tahun 2005 dan XXX Tahun 2013 serta Satyalencana Pembangunan Bidang Koperasi dari Presiden RI.

Budiman Ginting dalam menjalani purna baktinya memberikan dorongan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk berkarir dengan baik, tempuhlah dengan cara-cara profesional, timbalah ilmu, dan bekerja sama dengan rekan kerja, baik terhadap atasan maupun bawahan. (Surbakti)

ads

Video

Comment