HmI Cabang Makassar Mengutuk Keras Atas Tindakan Represif Kepolisian, “Dalam Menangani Demonstrasi Depan BAWASLU RI”

ads

MAKASSAR,- Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Makassar Melakukan Aksi Demonstrasi Yang Kedua kalinya di depan Wisma HmI Cabang Makassar Jln. Botlempanga, Malam jum’at, Pukul 21.13 Wita, (23/5/2019).

Dalam aksi tersebut, massa demonstran menutup full dan membakar Ban Kontener di tengah jalan. Puluhan kader Himpunan Mahasiswa Islam meneriakan serentak bahwa Jendar Polisi yakni Bapak Tito Karnavia harus turun dari jabatannya.

Lanjut penyampaian orasi dari Kabid Hukum dan HAM ” Dr. Muh.Aljebra, SH. MH menyatakan bahwa aksi demonstrasi yang terjadi didepan Bawaslu adalah Rakyat mempertegas kedaulatan itu berada pada tangan Rakyat, dan konsekuensi logis adalah setiap keputusan maupun kebijakan yang di ambil harus melibatkan Rakyat dalam hal tersebut. Ucapnya

ads

“Lanjutannya, Rakya sedang menjalankan hak konstitusioanalnya sebagaimana terdapat di dalam Pasal 28E ayat (3) UUD NRI Tahun 1945, dimana dalam hal ini ketika terjadi aksi demonstrasi, “Jangan Bungkam Hak Konstitusional Warga Negara Melalui Tindakan-tindakan Represif”.

Pada tanggal 22 Mei 2019 terjadi gelombang massa protes atas dugaan terjadinya kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Rebuplik Indonesia di depan kantor Bawaslu RI yang berujung bentrok antara kepolisian dan peserta aksi, sehingga menimbulkan jatuhnya korban.

Kabid Hukum dan HAM Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Makassar menilai bentrok tersebut diakibatkan kepolisian tidak menahan diri untuk terpancing melakukan tindakan Represif yang menimbulkan banyak korban. Hematnya dalam hal ini, “Jendral Kapolri harus bertanggung jawab atas tindakan-tindakan yang dilakukan oleh anggotanya”. Tuturnya

Dalam aksi demonstrasi di depan Cabang, Kader Himpunan Mahasiswa Islam menuntut untuk Jendral Polisi Bapak Tito Karnivia mundur dari jabatanny, massa aksi juga menghimbau kepada Bapak Presiden Joko Widodo sebagai Panglima tertinggi untuk mencopot Jendral Tito Karnavia. Tutup koordinator mimbar aksi “Rusli”

ads

Video

Comment