Babinsa Sarinembah Dampingi Sosialisasi Stop BABS Puskesmas Munte

ads

Tajukutama.com, KARO — Babinsa desa Sarinembah Koramil 06/Munte Dim 0205/TK Praka Sabar Sembiring  melaksanakan pendampingan penyuluhan Stop BABS oleh Puskesmas Munte Kabupaten Karo Sumatera Utara, Kamis (09/05/2019).

Kegiatan yang di pandu oleh Dr Jingkat br Tarigan dari Puskesmas Munte ini, di ikuti oleh sekitar 32 orang warga desa Sarinembah.

Dalam sosialisasinya, Dr Jingkat br Tarigan menjelaskan bahwaTinja atau kotoran manusia merupakan media sebagai tempat berkembang dan berinduknya bibit penyakit menular (misal kuman/bakteri, virus dan cacing).

ads

Apabila tinja tersebut dibuang di sembarang tempat, misal kebun, kolam, sungai, dll maka bibit penyakit tersebut akan menyebar luas ke lingkungan, dan akhirnya akan masuk dalam tubuh manusia, dan berisiko menimbulkan penyakit pada seseorang dan bahkan menjadi wabah penyakit pada masyarakat yang lebih luas.

“Semoga dengan sosialisasi ini dapat menjadikan motivasi dan acuan bagi seluruh warga agar desa Sarinembah  bisa menuju desa ODF”, pungkasnya.

Sementara itu, Babinsa Praka Sabar Sembiring kepada warga menjelaskan bahwa Stop buang air besar sembarangan (STOP BABS) akan memberikan manfaat antara lain Menjaga lingkungan menjadi bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau, Tidak mencemari sumber air yang dapat dijadikan sebagai air baku air minum atau air untuk kegiatan sehari-hari lainya.

“serta tidak mengundang serangga dan binatang yang dapat menyebar luaskan bibit penyakit, sehingga dapat mencegah penyakit menular” jelasnya. (Surbakti/Tison)

ads

Video

Comment