Komunitas Sedekah Jumat Pekanan Ajak Makan Gratis Tiap Hari

ads

Makassar,- Abdul Gaffar atau akrab disapa Bang Dul ini menggandeng beberapa orang rekannya mulai memutuskan turun ke jalan untuk membagikan nasi secara gratis terkhusus bagi tukang becak, tukang parkir, pemulung dan orang yang membutuhkan lainnya.

“Jadi, tanggal 15 bulan September 2017 itu hari pertama saya turun bagi-bagi nasi di jalan. Dan sesuai namanya Sedekah Jum’at Pekanan, itu awalnya cuman setiap Jum’at saja”, jelas Bang Dul, Minggu (5/5/2019).

Setelah selang beberapa tahun, pihak donatur menyambut baik dan terdorong untuk memfasilitasi sebuah ruko di Jl. Prof. Basalamah, Kota Makassar.

ads

Selanjutnya dimanfaatkan oleh Bang Dul dan rekan-rekan komunitasnya secara sukarela sebagai tempat makan gratis tiap hari bagi siapapun pengunjungnya tanpa memandang kelas sosial yang dibuka pukul 13.00 Wita, tutup sampai makanan catering yang dipasok sekitar 200 porsi nasi dan berbagai jenis lauk dari dana donatur habis.

Sejak awal berdirinya sampai saat ini Bang Dul mengaku belum menghadapi kendala yang menghambat segala prosesnya.

“Awalnya takut jangan sampai warung makan yang ada disepanjang jalan komplain atau marah-marah. Tapi Alhamdulillah sampai sekarang lancar-lancar saja, bahkan rata-rata karyawan warung dan pegawai-pegawai yang cuci motor ikut makan gratis di sini”, ungkapnya.

Ical, selaku salah seorang pengunjung makan gratis tiap hari ini mengaku merasa senang dan terbantu dengan adanya tempat makan gratis ini.

Tidak hanya di Makassar, cabang makan gratis ini pun sudah ada di berbagai daerah seperti Kendari, Mamuju, Bone, Palu dan sampai paling jauh di Seruni, Papua.

Dan dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadhan, tempat makan gratis ini membuka kegiatan sahur gratis sampai dua pekan pertama Ramadhan.

“Harapannya, Semakin banyak yang tahu, semakin banyak cabang-cabang di daerah, semakin banyak donatur, semakin banyak orang yang terbantu”, Tutup Bang Dul. *NHS*

ads

Video

Comment