Diikuti 50 Orang, Babinsa Ajari Murid SD Cara Upara Yang Benar

KARO, Tajuk Utama — Babinsa Koramil 01/BJ  Kodim 0205/TK Serka M Harianta memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan bagi Murid SDN 040517  Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo Sumatera utara, Kamis (14/3/2019)

Kegiatan diawali dengan upacara bendera dan Serka M Harianta bertindak sebagai pembina upacara dengan memberikan gladi kepada para pelajar untuk petugas pengibar bendera.

Diikuti sekitar 50 orang Murid serta dihadiri Kepala Sekolah SDN 040517 Tanti Nilawati  S.Pd dan Para Guru Kelas.

Dalam pengarahannya, Serka M Harianta menyampaikan upacara bendera yang didalamnya ada penghormatan terhadap Bendera Merah Putih yang merupakan simbol negara merupakan salah satu perwujudan dari cinta tanah air atau semangat kebangsaan. Dengan memberikan penghormatan kepada Bendera Merah Putih, berarti kita menghormati negara kita yaitu NKRI, sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus menghormati simbol-simbol negara.

Selain Bendera Merah Putih, ada beberapa simbol negara yaitu Garuda Pancasila, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Bahasa Persatuan yang merupakan bahasa resmi negara yakni Bahasa Indonesia dan Istana Negara.  Disampaikan pula oleh Serka M Harianta tentang Pancasila, UUD 1945.

Serka M Hariata  kembali menegaskan tentang tujuan dari upacara bendera yaitu untuk melatih kedisiplinan dan menanamkan jiwa nasionalisme.  Melalui upacara bendera, kita diajarkan untuk mengenang jasa para pahlawan dan mendo’akannya. Dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya saat upacara bendera akan mengingatkan kita pada sejarah bangsa dan menanamkan jiwa patriotisme.

Danramil 01/Barusjahe Kapten Inf K Ginting mengatakan,  dengan pemberian penyuluhan wawasan kebangsaan diharapkan para siswa dapat sejak dini memahami dan menerapkan kedisiplinan dan nilai-nilai luhur Pancasila dalam lingkungan sekolah, keluarga maupun di masyarakat.

“Melalui materi ini juga para siswa diajak untuk lebih mencintai tanah air dan memiliki semangat kebangsaan, dan itu semua merupakan bagian dari nilai-nilai pendidikan karakter”, tambahnya. (Surbakti/Tison)

Ads by tajukutama.com
Hosting Unlimited Indonesia