Kerja Sama Sister City dengan Australia Memperkuat Posisi Makassar Sebagai Kota Dunia

ads

MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar kembali menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kota Gold Coast, Australia, dalam hal Sister City. Hal tersebut tercantum usai kedua pihak menandatangani Letter of Intent, di Kediaman Pribadi Walikota, Jalan Amirullah, Senin (4/3/2019).

Walikota Makassar, Moh.Ramdhan Pomanto menegaskan melalui kerjasama Sister City dengan negara Kangguru tersebut makin memperkuat Makassar sebagai Kota dunia.

“Gold City itu menjalin Sister City dengan Taipei dan Dubai yang merupakan ibu Kota Negara. Tapi Makassar bukan ibu kota negara dan mereka mau menjadikan Sister City itu kebanggaan tersendiri,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya.

ads

Nantinya, Sister City antara Makassar dan Gold Coast mencakup empat ruang lingkup Kerjasama. Di antaranya di bidang Pariwisata, pengembangan Sumber Daya Manusia, pengelolaan limbah dan UMKM.

“Jadi nanti ada pertukaran pelajar dan Waste to Energi. Saya juga ingin belajar soal pengelolaan pantai karena Gold Coast mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Salah satu pantai terbaik di dunia ada di sana,” papar Danny Pomanto.

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan Kerja Sama Pemkot Makassar Najiran Syamsuddin mengatakan, Letter of Intent nantinya dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman. Namun, harus ada surat penyampaian dari DPRD Kota Makassar terkait kerjasama ini.

Pasalnya, hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28/2018 tentang Kerja Sama Daerah. Najiran menyebutkan, pihaknya menunggu selama 45 hari kerja.

“Ini sebenarnya sudah deal, kemarin untuk LOI saja kita mendapat persetujuan dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri tapi kita harus memenuhi amanah UU,” pungkasnya

Diketahui, Sister City merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar penduduk. (*)

ads

Video

Comment