Danny Sebut Akkopsi Agendakan Bahas Tiga Poin Penting

ads

MAKASSAR – Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) bekerja sama dengan Unicef dan World Bank akan menyelenggarakan kegiatan Advocay and Horyzontal Learning (AHL) selama dua hari, mulai tanggal 12 hingga 13 Februari 2019.

Kegiatan yang rencanya akan digelar di Hotel Rinra Makassar ini dijadwalkan bakal dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro sebagai narasumber.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang juga selaku ketua umum AKKOPSI mengatakan, ada tiga hal yang akan menjadi fokus pembahasan pada kegiatan tersebut, yakni capaian menuntaskan sanitasi, termasuk Open Defecation Free (ODF), dan kurang gizi (stunting).

ads

“Tiga hal itu akan menjadi pembicaraan yang harus kita capai dalam kegiatan besok. Tiga hal itu perlu mendapat perhatian khusus, sebab sampai saat ini belum bisa ditangani,” kata Danny, saat ditemui di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Makassar, Senin (11/2/2019).

Lebih lanjut Danny Pomanto, sapaan akrabnya memaparkan, kegiatan yang bertujuan untuk membangun momentum dan memperkuat komitmen politis, untuk mencapai target nasional dan daerah terkait pembangunan berkelanjutan.

Danny menjelaskan, pembenahan dan peningkatan sanitasi dilakukan untuk meningkatkan unsur disengaja dalam pembudayaan hidup bersih masyarakat, dimana maksud dan tujuannya yakni mencegah warga bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya, dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Buang Buang Air Besar (BAB) sembarang juga masuk dalam penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Apalagi kita ini kota yang berslogan kota dunia, masa masih buang air sembarangan,” ujarnya.

Sedangkan stunting, lanjut Danny memaparkan kekurangan asupan energi pada masyarakat itu ditekan secara berkelanjutan, apabila nutrisi makan yang kurang akan mengakibatkan stunting.

“Masa masyarakat kita kekurangan gizi? Kita harus perhatian semua itu, sebab semuanya memiliki nilai penting untuk masyarakat,” pungkasnya.(*)

ads

Video

Comment