Danny Wanti-wanti Penyaluran Dana PKH Harus Jadi Prioritas

ads

MAKASSAR –Walikota Makassar Danny Pomanto menilai program bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berhasil meretas angka kemiskinan di Kota Makassar.

“Saya kira program pusat melalui program keluarga harapan sangat berhasil. Bahkan sudah ada yang graduasi atau sudah keluar dari kemiskinan dan menjadi inspirasi bagi yang lain,” ungkap Danny Pomanto di Gedung Celebes Convention Centre (CCC), Rabu (6/2/2019).

Meski begitu, kata Danny Pomanto, program yang diluncurkan di era Presiden Joko Widodo ini perlu pembenahan di beberapa lini. Terutama tentang penyaluran bantuan yang harus tepat sasaran.

ads

Persoalan pendampingan program bantuan juga perlu diperbaiki. Danny Pomanto menyebutkan orang yang menjadi pendamping haruslah kompeten.

“Kita buka secara terbuka yang penting orang yang biasa menangani masyarakat jangan orang yang baru belajar. Kita sempurnakan karenakan memang ada beberapa yang tidak sempurna di pendampingan. Pokoknya biar satu sen pun tidak boleh ada pengurangan,” tegas Danny Pomanto.

Kementerian Sosial RI menggelontorkan dana sekitar Rp34 Miliar untuk Kota Makassar melalui prorgam bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap I Tahun 2019.

Diketahui, Kementerian Sosial RI menggelontorkan dana sekitar Rp34 Miliar untuk Kota Makassar melalui prorgam bantuan sosial PKH dan BPNT tahap I Tahun 2019.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, anggaran BPNT secara nasional untuk tahun 2019 sebesar 20,5 triliun. Sementara anggaran PKH sejak 2014 meningkat secara drastis dari hanya 5,6 triliun menjadi 32,65 triliun tahun ini.

“Untuk Tahap I Tahun 2019 ini saja, Pemerintah menyalurkan bantuan sosial PKH sebesar Rp12,1 triliun,” kata Agus Gumiwang. (*)

ads

Video

Comment