Banjir Besar Sulsel, Seribuan Orang Datangi Posko Kesehatan

ads

Makassar_ Ribuan korban banjir di Makassar, Sulawesi Selatan mendapat pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan ini diberikan bagi para korban yang menderita sakit selama kurung waktu tiga hari.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Makassar, Hadarati Rasak mengatakan pihaknya saat ini telah melakukan pemeriksaan seribuan korban banjir di sejumlah wilayah di Kota Makassar. Warga mengeluh sakit saat banjir berendam rumah mereka.

“Sampai saat ini total ada 1.932 orang korban banjir yang telah mendapat pelayanan kesehatan di Posko kita. Mereka mengeluh sakit setelah banjir menimpa rumahnya,” jata Hadarati, di Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Jumat (25/1/2019).

ads

Ribuan korban ini umumnya menderita penyakit seperti gangguan penyakit kulit, infeksi saluran napas atas atau ISPA, diare hingga cafalgia. Para korban ini terbagi di 6 Kecamatan di Kota Makassar.

“Berdasarkan dignosa penyakit, gangguan penyakit kulit, infeksi saluran napas Atas (ISPA), Diare dan Cefalgia/Myalgia. Ada 6 wilayah di Kota Makassar,” jelasnya.

Para korban yang telah melakukan pemeriksaan kemudian diberi obat sebagai penanganan kesehatan awal, sementara dua diantaranya harus dirujuk ke Rumah Sakit di Makassar.

“Ada 2 kami terpaksa rujuk karena sakitnya. Sudah dibawa ke RS di Makassar,” paparnya

Dinas Kesehatan sendiri telah mendirikan posko di 27 Titik Posko dengan menyediakan 81 tenaga kesehatan.

ads

Video

Comment