Keturunan Raja Bone Meriahkan Festival I Lagaligo III di Soppeng

    SOPPENG, Tajuk Utama – Festival budaya I Lagaligo III, Senin kemarin terbilang istimewa. Selain dihadiri sejumlah tamu dari mancanegara, kirab budaya yang berlangsung di Lapangan Gasis Watansoppeng ini juga dihadiri keturunan Raja Bone. Dia adalah Datu Andi Lolo Mappabengnga Datu Sibengareng Arung Palakka.

    Menurut Datu Andi Lolo Mappabengnga, dirinya merupakan undangan kehormatan yang diundang Pemkab Soppeng. Dia pun berterima kasih kepada pihak panitia yang menghormati dan ikut melestarikan kebudayaan leluhur.

    “Kami diundang Pemkab Soppeng sebagai tamu undangan dari luar daerah di acara ini,” ungkapnya.

    Datu Andi Lolo Mappabengnga juga mengungkapkan kekagumannya pada Kaswadi Razak. Bagi dia, sosok Bupati Soppeng ini merupakan pemimpin yang merakyat dan sangat menjunjung tinggi nilai kebudayaan, dan menghormati keturunan bangsawan.

    “Saya sangat kagum dengan Pak Bupati. Beliau adalah sosok yang merakyat dan menghargai peninggalan leluhurnya,” katanya.

    Sekadar diketahui, Datu Andi Lolo Mappabengnga Datu Sibengareng Arung Palakka merupakan salah seorang pejuang perintis kemerdekaan. Dia lahir di Betao tahun 1924.

    Datu Andi Lolo Mappabengnga Datu Sibengareng Arung Palakka menikah dengan Imutaha Dg Pulaweng dan dikarunia enam orang anak dan tinggal di Siwa Kecamatan Pitupanua, Wajo. Tanggal 12 Oktober 2014 silam isterinya meninggal dunia.

    Sepeninggal Imutaha Dg Pulaweng, Datu Andi Lolo Mappabengnga Datu Sibengareng Arung Palakka kemudian kembali menikah dengan perempuan asal Kota Parepare, Andi Nurcamba P Rincing. Hingga kini mereka menetap di Jalan Gelora Mandiri BTN Timurama, Kota Parepare.

    Banyak yang tidak mengenal sosok dirinya. Bahkan sebagain mengirinya dirinya telah wafat beberapa tahun lalu. Hingga kini dia berusia 94 tahun. (Rosdiana Hadi)

    Ads by tajukutama.com
    Hosting Unlimited Indonesia