P4S Bumi Alam Purba Raih Penghargaan Tingkat Nasional Dari Kementerian Pertanian RI

ads

Bogor, Tajukutama.com — Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S),  Bumi Alam Purba : Kota Raman, Raman Utara,  Lampung Timur,  Provinsi Lampung, raih penghargaan  berprestasi kelas Madya tingkat Nasional dari Kementrian Pertanian RI, bernomor : 600/kpts/SM.120/08/2018, yang ditandatangani DR. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP.,  Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Penghargaan diraih tak lepas dari sosok pengelola P4S Bumi Alam Purba, Bayu Murti, atas keteladanannya.

Kepala Pusat Pelatihan  Pertanian Kementan,  Bustanul Arifin Caya, MDM, menyampaikan  acara Koordinasi tersebut rangka mempersiapkan memperkuat peran UPT Pelatihan dan P4S sebagai LDP dan TUK bidang Pertanian  di Hotel Zest Jln. Pajajaran No. 27 Bogor Jawa Barat, (24/11/2018), lalu.

ads

Penerima penghargaan, kepada Media Tajuk Utama  Bayu Murti, berkesempatan menyampaikan pemikirannya : P4S Bumi Alam Purba. (26/11/2018)

“Mengapa tanah kitapapmasa.kurang merespon terhadap pupuk kimia ?” Tanah kita sudah berpuluh puluh tahun dikuras dan dipaksa untuk melahirkan hasil buminya dengan melalui tanaman pangan maupun non pangan”, kata Bayu

Lanjut, kita lupa bahwa namanya bumi atau media tanah perlu penanganan perawatan yang berkesinambungan, sehingga tetap selalu sehat sepanjang masa. Apa bila hal ini kita lengah, tidak paham dan yang lebih  parah lagi tidak peduli, ini akan berdampak buruk  Kita dimanapun senang berbicara tentang tanaman akan tetapi lupa berbicara kesuburan, sedangkan pintu pertama untuk bertanam adalah kesuburan tanah.

Mari kita mencoba mengenal beberapa faktor pendukung Kesuburan tanah antaranya Adanya kehidupan (bakteri), Adanya media kehidupan (tanah/organik), Adanya makanan kehidupan ( unsur Hara), Adanya keseimbangan kehidupan ( PH.asam/basa), Adanya mata rantai kehidupan ( ekosistem ).

Dengan harapan Bayu Murti agar pemikirannya ini dapat membuka mainset kita mengarah ke treatmen kesuburan bumi kita.

 

Reporter: Dadang
Editor: Aidha

ads

Video

Comment