Keluhan Masyarakat Terhadap Pembangunan Terminal Kontainer

ads

Parepare, Tajukutama.com — Pembangunan terminal kontainer di kawasan pelabuhan rakyat Lontange, kelurahan kampung pisang, kecamatan soreang, Pare pare dipertanyakan kelayakan Analisis Dampak Lalu Lintasnya beberapa masyarakat sekitar dan stakeholder lingkungan hidup.

“Sejak pembangunan landasan tumpukan kontainer ini, kami masyarakat pengguna jalan setiap harinya merasa terganggu dan terancam keselamatan jiwa, sebab tidak ada akses yang nyaman buat kami berjalan kaki seperti sedia kala, bahkan pengguna kendaraan sudah terganggu akibat terjadinya penyempitan badan jalan”. kata salah satu warga yang enggan ditulis namanya.

Menanggapi keluhan warga sekitar, ketua Forum Komunitas Hijau Parepare H. Bakhtiar Syarifuddin mendesak pemerintah kota untuk segera melakukan peninjauan lapangan secepatnya sebelum menimbulkan keresahan masyarakat yang lebih luas.

ads

Pemerintah kota harus peduli dengan suara derita masyarakatnya, sebab percuma ada pembangunan infrastruktur kota yang megah bila masyarakatnya tidak mendapatkan manfaat apalagi sudah membuat keresahan.

Tanggung jawabPemerintah Kota atas keamanan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Wali kota harus reaktif melihat dokumen andalalinnya, boleh jadi ada ketidak sesuaian antara Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 75 Tahun 2015 dengan perencanaan atau site plannya, termasuk juga lahan untuk Ruang Terbuka Hijaunya, sehingga sangat dibutuhkan langkah dan tindakan cepat dan tepat”.

Pembangunan terminal kontainer harus berwawasan lingkungan, sehingga wajib menyiapkan  lahan fasilitas untuk diperuntukan bagi pejalan kaki.

 

Reporter. : Rosdiana Hadi.S.Sos
Editor : Aidha

ads

Video

Comment