DPMD Bandung Berdayakan Desa Lewat  Rakor Tim Inovasi

ads

Bandung, Tajukutama.com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bandung gelar Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknik Desa (P2KTD) sekaligus Rapat Koordinasi Tim Inovasi Desa, di Hotel Ahadiat Bungalow, Jalan Sindang Sirna Elok Nomor 9 Sukarasa Bandung, Kamis (22/11/2018) kemarin .

Kegiatan berlangsung dari tanggal 22-24 November  2018, diikuti 116 peserta, masing-masing, para Camat se-Kabupaten Bandung, Tim Inovasi Kabupaten Bandung, Ketua APDESI, Ketua Asosiasi BPD, Ketua Asosiasi LPMD, Tenaga Ahli P3MD, TPID dan para Pendamping Desa.

Pidato pembukaan, Sekda Kabupaten Bandung, Ir. H. Sofian Nataprawira, M.P., mengatakan bahwa melalui Inovasi, akan membuat perubahan besar bagi desa, Sumberdaya desa akan semakin bersaing, sementara infrastruktur menjadi lebih baik.

ads

“Hal ini secara tidak langsung menggerakkan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan ekonomi Kabupaten Bandung secara keseluruhan” kata Sofian.

Lanjut Sofian, “Program Inovasi Desa, sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi, juga mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing”, ujarnya.

Sosialisasi ini, Sofian Nataprawira, berharap desa memiliki kualitas perencanaan pembangunan, dalam memanfaatkan dana yang akan menjadikan desa lebih produktif, maju, mandiri dan berdaya saing.

Sementara itu, berkaitan dengan digelarnya Bursa Inovasi Desa yang kedua Tahun 2018.

Menurut Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa (PUEMD) DPMD Kabupaten Bandung, Aning Suciningsih, S.H., M.M., menyampaikan bahwa Bursa Inovasi Desa akan dilaksanakan akhir bulan November 2018.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, desa bisa memilih ide apa yang tepat untuk inovasi desanya sendiri atau memilih ide yang ditawarkan, serta memilih yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan dana desa tersebut untuk meningkatan kesejateraan dan bisa dirasakan manfaatnya”, katanya.

 

Sumber, Diskominfo Kab. Bandung-Asri
Reporter: Andries
Editor: Aidha

ads

Video

Comment