Kominfo Pemkab Soppeng, Gelar Bimtek SP4N dalam Aplikasi LAPOR!

Pemkab Soppeng,

ads

Soppeng, Tajukutama.com – Bertempat di Baruga Rujab Bupati Soppeng, Kominfo Pemkab Soppeng menggelar Rapat Bimbingan Teknis Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik secara Nasional dalam Aplikasi LAPOR, Senin 19/11/08.

Maksud dan tujuan diadakan Bimtek ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik secara Nasional dalam Aplikasi LAPOR, dalam hal ini di jelaskan Dwiyoga, P. Soediarto, SE., MBA Tenaga Ahli Transformasi – GIZ bidang SP4 – LAPOR, yang di dampingi oleh Resty Adelia dari Pengelola Aplikasi LAPOR Nasional, dari Pusat Jakarta.

Dengan adanya sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional ( SP4N ), pengelolaan pengaduan berupa aplikasi pengaduan hanya 1 yang di kelola oleh Pusat yaitu lapor.go.id, aplikasi pengaduan yang telah di bangun oleh Pemerintah daerah akan diintegrasikan kedalam lapor.go.id, telah ada kesepakatan bahwa aplikasi SAPA dari Kemendagri sudah ditutup, dan semua pengelolaan pengaduan melalui lapor.go.id.

ads

Seluruh instansi, baik di pusat maupun di daerah, tidak membangun kelembagaan baru sebagai pengelola pengaduan.

Yang wajib menyelesaikan pengaduan adalah unit yang diadukan, fungsi admin pada pengelolaan pengaduan adalah menerima pengaduan dan meneruskan ke unit yang diadukan.

Fungsi Inspektorat adalah memantau pengaduan pengaduan di OPD dan menyelenggarakan pelayanan publik yang tidak di tindak lanjuti, sebelum diteruskan ke ORI.

Target yang dicapai tahun 2018 yaitu kesinambungan dan tahun 2019 targetnya sosialisasi kepada masyarakat dan bagaimana mengelola aplikasi dengan baik dan benar, tutupnya dengan di akhiri dengan ishoma.

Para SKPD Pemkab Soppeng, utusan tiap Kecamatan dan para undangan, hadir dalam acara tersebut.

Reporter : Rosdiana Hadi, S.Sos

Editor : Ahmad

ads

Video

Comment