Bawaslu Bandung Jaga Netralitas ASN dan Kepala Desa Di Pemilu 2018

ads

Soreang, Tajukutama.com — Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum Partisipatif bagi Aparatur Sipil Negara dan Kepala Desa pada Pemilihan Umum Tahun 2019, diselenggarakan Bawaslu Kabuparen Bandung di Hotel Sutan Raja, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (15/11/2018).

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait ketentuan dan larangan-larangan dalam proses penyelenggaraan tahapan Pemilu tahun 2019, dan memberikan pemahaman mekanisme pengawasan dan menindak pelanggaran ASN dalam pemilu sebagaimana mestinya, sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

ads

Narasumber menyampaikan materi, antara lain Potensi Pelanggaran Menyangkut Aparatur Sipil Negara, Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi ASN dan Kepala Desa tahun 2019, Tinjauan Hukum tentang Netralitas ASN/Kepala Desa, Pengawasan Netralitas ASN dalam Mampanye pemilu 2019 dan Perbawaslu Nomor 6 tahun 2017, Pengawasan Netralitas ASN, Anggota TNI dan Anggota Polri, disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Bandung.

Dalam hal pencegahan dan pengawasan dari netralitas pegawai ASN, anggota TNI, anggota Polri, dapat menjadi objek pengawasan Bawaslu, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam hal tindakan pegawai ASN, anggota TNI Polri berpotensi melanggar ketentuan sebagimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pemilu/pemilihan serta melanggar kode etik/disiplin masing-masing (lembaga/instansi).

Dihadiri oleh ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Abdullah, S.Stp. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat Eliazar Barus, M.Si., Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehuddin, S.H, juga para anggota Bawaslu Kabupaten Bandung Ari Harianto, S.Pd., Hedi Ardia, S.Pd., Komarudin, S.E., Ak, Kahpiana dan plt Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bandung Herdi Sulaeman, S.Si.

Dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang diantaranya Ketua PGRI Kabupaten Bandung, Ketua PGRI se-Kecamatan Kabupaten Bandung, unsur PD di lingkungan Pemda Kabupaten Bandung, unsur Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung juga unsur media.

Harapan dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya pemahaman peserta terkait ketentuan dan larangan-larangan dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2019, meningkatnya pemahaman peserta terkait mekanisme pengawasan dan penindakan pelanggaran ASN dalam pemilu 2019, sebagaimana tugas dan fungsi pengawas pemilu, selanjutnya meningkatnya partisipasi ASN dalam pengawasan penyelenggaraan pengawasan pemilu dan melaporkan pelanggaran yang di temukan kepada pengawas pemilu sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Laporan: Andries                                                                                                                   Editor : aidha

ads

Video

Comment