LP2M UIN Alauddin Makassar Gelar Pelatihan Tenaga Pelatih Keagamaan (PTPK) di uluway Tana Toraja

ads

Tanatoraja, tajukutama.com – Sabtu, 11 november 2018 lembang uluway kecamatan mengkendek kab. Tana toraja kembali dikunjungi oleh lembaga pusat pengabdian masyarakat (LP2M) uin alauddin kunjungan tersebut di pimpin langsung oleh ketua LP2M yakni bapak h.m gasali suyuti, di dampingi oleh beberapa dosen, staf dan mahasiswa uin alauddin makassar. Kedatangan rombongan LP2M di sambut hangat oleh tuan rumah dalam hal ini kepala lembang uluway, yakni bapak parassa paembonan dan bapak mustakin selaku imam masjid haqqul yaqin.

Dalam kunjungannya, tim LP2M bermaksud mengadakan berbagai pelatihan diantaranya adalah pelatihan penyelengaraan shalat jenasah, pelatihan khotbah, pelatihan shalat , juga pembinaan majelis taklim. Adapun pesertai pelatihan tersebut adalah tenaga pelatih dan majlis taklim dari dua lembang yaitu uluway dan uluway barat.

Menurut bapak H.M Gasali Suyuti, bahwa kita melatih tenaga pelatih ini bertujuan untuk membimbing anggota majelis taklim dan jamaah yang mumpuni, seperti misalnya masalah penyelenggaraan jenasah rata rata orang tidak ikut shalat jenasah karena mereka tidak tau gerakan dan bacaannya, shalat jumat jarang di laksanakan karena terbatasnya jamaah yang bisa jadi khatib, selain itu kita melatih untuk memberikan pemahaman dan mengajarkannya mulai dari gerakan hingga bacaannya, kita berharap dengan adanya pelatihan ini, lahir pelatih-pelatih yang mahir di bidangnya masing-masing sehingga ilmunya bisa di sebarkan ke jamaah lainnya. Tegasnya.

ads
LP2M UIN Alauddin Makassar Gelar Pelatihan Tenaga Pelatih Keagamaan (PTPK) di uluway Tana Toraja
LP2M UIN Alauddin Makassar Gelar Pelatihan Tenaga Pelatih Keagamaan (PTPK) di uluway Tana Toraja

Dalam kunjungannya,tim LP2M tak hanya menggelar kegiatan pelatihan keagamaan tapi juga memberikan bantuan berupa warles al quran, satu set hadis 123,dan buku penyelenggaraan jenasah. Masing-masing di peruntukkan setiap masjid di uluway dan uluway barat,
Pada kesempatan ini juga pemerintah lembang uluway menerima kedatangan mahasiswa uin alauddin makassar untuk program kkn, meraka akan melakukan pengabdian kepada masyarakat selama kurang lebih 2 bulan . Untuk daerah tana toraja dan toraja utara.

UIN Alauddin makassar mengirim kurang lebih 40 mahasiswa yang dibagi menjadi 4 posko, 2 posko di lembang uluway tana toraja dan dua posko untuk bokin toraja utara.

Reporter  : Yanli

ads

Video

Comment