DPD PRAHIPTI SuL-SeL Ajarkan Terapi Healing pada Pelatihan Siaga Bencana

ads

Bulukumba, Tajukutama.com — Dewan Pengurus Daerah Praktisi Hipnosis dan Hipnoterapi Indonesia (DPD PRAHIPTI) Sulawesi Selatan melalui Divisi Diklat hadir memberikan materi “terapi psikis” pada pelatihan kerelawanan siaga bencana yang diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, senin (05/11/2018).

Kegiatan yang berlangsung di aula baznas ini diikuti oleh peserta dari berbagai komunitas dengan menghadirkan 4 orang pembicara dengan tema berbeda, salah satunya tentang terapi healing.

Menurut Ketua Panitia, Basmawati Haris, “Tujuan kegiatan tersebut untuk melahirkan relawan-relawan dari generasi muda yang diharap dapat memberikan konstribusi di berbagai bidang, khususnya ketika terjadi bencana. Bukan pemuda yang ketika terjadi bencana misal kebakaran hanya bisa melakukan siaran langsung di media sosial”.

ads

Ketua Baznas Kabupaten Bulukumba, Ust. M Yusuf Sandi, Lc sebagai inisiator kegiatan menambahkan bahwa di Bulukumba sudah banyak terbentuk komunitas relawan sosial, dimana kegemaran berbagi juga semakin meningkat.

Pelatihan yang dilakukan pihak Baznas, tambah Ust. Yusuf sebagai bagian dari upaya mensinergikan semangat berbagi tersebut demi kemaslahatan warga yang membutuhkan, semoga melalui kegiatan ini peserta memiliki skill penanganan masalah bencana termasuk memahami berbagai jenis terapi healing (penyembuhan) masalah psikis dan psikosomatik yang biasanya terjadi pasca bencana.

Khusus untuk materi “terapi healing” ini dibawakan oleh Hadi Kasmaja DS, S.Pd, M.Pd, CHt, seorang praktisi hypnotherapist-eft yang juga bagian Divisi Diklat DPD Prahipti Sul-Sel dan Koordinator Kelas Inspirasi Kabupaten Bulukumba.

Dalam presentasi materinya di hadapan peserta pelatihan relawan siaga bencana, Hadi menjelaskan jenis terapi healing yang bisa diterapkan untuk menangani masalah psikis dan psikosomatik yakni hypnotherapy-eft. Jenis terapi dengan memadukan sugesti bawah sadar, afirmasi, dan tapping ( melakukan ketukan) pada beberapa titik meredian atau inti tubuh guna mengatasi masalah yang dialami.

Di akhir materinya, Hadi menyampaikan bahwa jenis terapi ini telah diterapkan oleh DPD PRAHIPTI SULSEL pada penyintas bencana gempa dan tsunami palu yang sedang dirawat di beberapa tempat di makassar seperti di posko Karunrung, Pondok pesantren IMMIM Putra, Posko RS. Pelamonia Makassar dan posko lainnya.

Kabar baiknya bahwa beberapa diatara penyintas yang mengalami masalah psikis dan psikosomatik Alhamdulillah telah berhasil di tangani setelah tim Prahipti menyambangi tempat mereka.

ads

Video

Comment