Deklarasi Pemilu Damai, Forkopim Cikelet Antisipasi Hoaks, Money Politic, Intimidasi Dan Gesekan Dalam Pemilu 2019

ads

Jawabarat, Tajukutama — Sesama penyelenggara pemilu PPK dan Panwaslucam Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut termasuk peserta pemilu bersepakat antisipasi munculnya praktek politik uang, intimidasi, penyebaran hoaks dan kemungkinan terjadinya gesekan ditingkat bawah dalam proses menjalankan Pemilu 2019.

Komitment bersama itu diimplementasikan melalui “Deklarasi Pemilu Damai” Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut yang digagas PPK Kecamatan Cikelet, digelar Kamis, (1/3/2018) di Aula Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut.

Forkopimcam Kecamatan Cikelet sendiri didalamnya termasuk unsur penyelenggara pemilu tingkat Kecamatan (Panwaslucam dan PPK), para Kepala Desa, unsur Organisasi Kepemudaan, Tokoh Masyarakat, para pimpinan Partai Politik, tim sukses dan relawan dari setiap peserta Pemilu, dan para calon anggora DPRD Kabupaten Garut se-wilayah Kecamatan Cikelet.

ads

Dihubungi Media Tajuk Utama via celuller, Sabtu, (3/11/2018), Ketua Panwaslu Kecamatan Cikelet Risal Martin S.Pd., menjelaskan bahwa Deklarasi ini digelar bertujuan mempererat silaturahmi dan mengajak semua pihak untuk sama-sama mematuhi aturan main dalam pemilu yang sudah di tentukan.

” Semua aturannya sudah ada dalam UUD pemilu yang terbaru UUD No. 7 tahun 2017, PKPU dan juga Perbawaslu” kata Risal.

Yang ditekankan, lanjut Risal, terkait dengan kegiatan kampanye yang di dalamnya ada penyebaran bahan kampanye, alat peraga kampanye, pertemuan tatap muka juga pertemuan terbuka dan pertemuan terbatas.

“Itu semua harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada. Jangan sampai terjadi pelanggaran,” katanya.

Menjawab pertanyaan Media Tajuk Utama, lebih detail Risal Martin menguraikan beberapa contohnya.

“Jangan sampai ada APK dipasang di pepohonan, di tempat ibadah, sarana pendidikan, fasilitas lembaga pemerintahan. Lalu kemudian kegiatan tatapmuka di tempat ibadah atau di tempat pendidikan, itu melanggar aturan itu semua tidak kami harapkan” paparnya lagi.

Kepada semua unsur, terutama pihak pimpinan partai, team sukses dan relawan, pihaknya mengajak untuk menyamakan persepsi menuju pemilu yang damai, pemilu yang berjalan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.

“Kami ajak para pimpinan partai, team sukses, dan relawan di wilayahnya untuk memberikan arahan terkait aturan-aturan dalam kampanye kepada para relawan yang ada di tingkat bawah jangan sampai mereka tidak tau sehingga seenakna melakukan kegiatan kampanye tanpa mematuhi aturan, ini semata untuk meminimalisir permasalahan atau gesekan di tingkat bawah” ujarnya.

Deklarasi Pemilu Damai, kemudian dituangkan dalam nota kesepakatan semua pimpinan partai , penyelengara pemilu, organi sasi kepemudaan dan unsur Forkopimcam.

Sedangkan isi nota tersebut sendiri memuat perjanjian untuk siap menjalankan proses pemilu di Kecamatan Cikelet sesuai dengan peraturan dan perundang undangan, termasuk sepakat bahwa pemilu harus damai aman dan kondusif.

“Melalui Deklarasi damai, secara bersama-sama menjunjung tinggi komitmen kampanye yang tanpa hoaks dan intimidasi baik itu sesama kontestan pemilu juga penyelenggara pemilu”, tambah Risal Martin.

Dipenghujung pembicaraan, Risal sampaikan, bahwa dengan Deklarasi Damai ini, kita membangun komitmen supaya melaksanakan kompetisi secara sehat dan memanfaatkan masa kampanye untuk menyampaikan dan meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi dan misi masing-masing kontestan dengan cara memberikan informasi yang jelas kepada tim nya masing-masing terkait UU dan aturan yang berlaku pada Pemilu 2019.

Terutama larangan pemasangan Alat Peraga Kampanye, praktek Money Poltik, terlebih kampanye pada media sosial agar menggunakan bahasa yang santun dan tidak melakukan kampanye hitam.

“Lalu, Penyelenggara Pemilu, PPK dan Panwas agar membangun integritas yang tinggi dan kepercayaan masyarakat” katanya.

“Terakhir, Forkopimcam yang terlibat Deklarasi Damai, agar berperan aktif menerapkan tindakan refresif, termasuk penertiban pelanggaran APK” demikian Risal Martin menutup.

#Andries

ads

Video

Comment