Komunitas LBS Bersihkan Sampah Teras Cikapundung

ads

Jawabarat, Tajukutama.com. – Mengisi peringatan Sumpah Pemuda 2018, Lingkung Bhakti Siliwangi (LBS), sebuah komunitas pelestarian lingkungan bersihkan ‘sampah sungai’.

Giat kebersihan ini dilakukan intensif setiap seminggu sekali, terakhir dilakukan pada akhir Oktober 2018 lalu di Teras Cikapundung.

“Begitu banyak sampah di sungai, kami khawatir jika tidak dibersihkan maka akan mengakibatkan banjir, jika banjir maka semua akan menderita”, kata Ki Patih Tisna Satriana, Ketua Harian LBS, saat berbincang dengan Media Tajuk Utama (30/10/2018).

ads

Di kota Bandung saat ini, lanjut Ki Patih, telah terbentuk komunitas pelestarian lingkungan yang tujuannya untuk menjaga dan menciptakan lingkungan agar lebih baik.

Menurutnya, bahwa seluruh anggota LBS yang tergabung sejak didirikan tanggal 13 Juli 2018 yang lalu, kini jumlahnya sudah mencapai delapan puluh orang.

“Semuanya memiliki tekad yang sama yakni untuk berbakti ke alam. Mereka percaya bahwa jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita “, katanya.

Saat ini, lanjut Ki Patih Tisna, LBS menjadikan Taman Teras Cikapundung sebagai ‘basecamp’, agar mudah koordinasi dan komunikasi.

“Program LBS ini tidak berbentuk seremonial, sekali event selesai, tidak..! Kami lakukan ini secara rutin, berkesinambungan dan terus berlangsung. Baik aksi kebersihan, penghijauan hingga pemeliharaannya ” ujar Tisna.

Sementara itu, Panglima LBS, Ki Daeng Kusuma, disamping giat bersih sampah, LBS juga berbakti pada alam dengan membagikan bibit pohon kepada masyarakat, sehingga tetcipta penghijauan di rumah-rumah.

” Kami yakin dengan banyaknya pohon yang tersebar dirumah-rumah maka akan tetcipta udara bersih untuk dihirup ” kata Ki Daeng.

Turut menambahkan, Ida Widia, bendahara LBS, bahwa untuk melakukan bakti ini LBS tidak memiliki dana yang cukup.

“Anggota LBS seringkali secara swadaya berpatungan agar program yang sudah dicanangkan dapat terlaksana ” tambah Ida.

Walau terbilang masih seumur jagung, LBS banyak mencanangkan programnya, diantaranya penyuluhan kepada siswa-siswi di sekolah (LBS goes to school) yang dapat menumbuhkan kesadaran bagi siswa-siswi untuk memelihara kebersihan lingkungan, hingga kesadaran untuk menjaga alam.

“Semoga langkah kecil ini ada manfaatnya bagi kebaikan negeri ini, demikian tutup Ki Patih.

#Porta/Andries.

ads

Video

Comment