Sukseskan Ketahanan Pangan, Kodim 0110/Abdya dan Distanpan Rakor Upsus

ads

Abdya, Tajukutama.com — Guna mensukseskan Program Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 0110/Abdya berserta Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Upaya Khusus (Usus) Semester II TA 2018, berlangsung di ruang Yudha Makodim setempat, Jalan Bukit Hijau Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie.Aceh Barat Daya, Senin (29/10/2018).

Rakor ini dipimpin Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Sutaryo, S.Pd. dan dihadiri para Danramil serta perwakilan Babinsa. Selain itu juga hadir Kadis Tanpan Abdya yang diwakili oleh Kabid Tanpan dan Holtikultura Darwis, bersama Sekretaris Hanpangan Bustaman.

Pasiter Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Fajar Setyawan dalam sambutannya menyampaikan, “Rakor ini digelar dalam rangka mengevaluasi peningkatan Hanpangan serta pemantapan rencana kegiatan masa tanam berikutnya”.

ads

Lanjut, Ia mengungkapkan, “Babinsa jajarannya telah melakukan Upsus pendampingan di wilayah dengan semaksimal mungkin. Bersinergi dengan Penyuluh dan perangkat terkait, dinamika dan kendala di lapangan bisa diatasi meski tidak signifikan. Namun demikian, ini sangat relevan dalam mewujudkan program ketahanan pangan di wilayah, Ini kesempatan yang baik untuk koordinasi terkait kendala Hanpangan di wilayah,” tutupnya.

Senada dengan itu, Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Sutaryo, S.Pd. mengimbuhkan bahwa pihaknya telah berupaya memanfaatkan lahan yang ada untuk mendukung ketahanan pangan, salah satunya melalui program LTT (Luas Tambah Tanam).

Menanggapi hal tersebut Kabid Tanpan dan Holtikultura Darwis mengapresiasi pada Babinsa yang telah setia memberikan pendampingan terhadap para petani di masing-masing wilayah. Ia mengakui tanpa adanya sinergitas dan kontribusi dari pendampingan Babinsa, Program Ketahanan Pangan tidak akan bisa seperti saat ini. Kesuksesan Program Pemerintah dalam Swasembada Pangan merupakan bukti Profesionalisme TNI dalam mengemban berbagai tugas.

Lebih lanjut Darwis memaparkan tentang program Pemda Abdya yang menargetakan 3 kali panen dalam setahun. Sesuai datanya ia mengungkapkan, dari 9 Kecamatan yang telah menyesuaikan target, baru 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Kuala Batee, Susoh dan Blangpidie.

Darwis berharap, “sisa Kecamatan yang lain bisa menyusul, karena sesuai dengan yang telah diagendakan, bulan Desember wilayah Abdya secara serentak sudah harus kembali tanam”.ucapnya.

Amatan, Rakor tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi dengar pendapat dari Danramil dan Babinsa. Berbagai kendala pertanian seperti Alsintan Kombine, penangkaran bibit, perairan, dan juga lainnya dimatangkan. Rencananya sejumlah masukan dan kekurangan yang telah tercatat akan disampaikan kepada Bupati guna menjadi pertimbangan selanjutnya.

#Heri Purwanto

ads

Video

Comment